Kreavi mengadakan progam inkubasi selama satu tahun untuk membina 17 kreator terpilih dari 36.300 kreator yang ada didalam jejaring Kreavi. Dalam program ini, akan ada berbagai stakeholder yang hadir. Seperti pelaku bisnis, creative agentcy, akademisi, media, komunitas kreatif, dan pemerintah.

Indonesia mempunyai banyak talent talent kreatif namun susah untuk terkoneksi ke projek projek yang ada. Kreavi mengadakan seleksi kepada 36.300 user aktif kreavi, kemudian disaring menjadi 100 user. Dan kemudian disaring kembali menjadi 17 user kreatif.

17 kreator terpilih itu adalah Aziz Wicaksono, Candra Permatadewa, Dinan Hadyan, Djayanti Aprilia, Made Herry Sucahya, Tazul Arifin, Novita Fahmi, Olvyanda Ariesta, Ravi Manthovani, Rizky Rizaldi, Rosiana Ayu, Solechan, Syams Riado, Thalia Wijaya, Vicky Saputra, Walid Rusdianto dan Weldy Rhadiska. Mereka akan dikontrak selama
setahun oleh Kreavi, dibina dan akan disalurkan ke projek projek yang akan datang.

Selain program Kreavi 17, disana juga ada beberapa obrolan ringan yang sangat menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah Pembahasan Musik Tradisional, para pemuda Indonesia kini cenderung menyukai musik luar dan melupakan musik musik tradisional Indonesia. Kreavi berkerja sama dengan Jogja Force dan Rupa Nada, mengemas lagu tradisional Indonesia agar dapat dinikmati secara visual.

Talks diisi oleh Heru Jalal, Rahmat Gepeng dari Jogja Force, dan Walid serta Solechan dari Rupa Nada. Pameran Musik Tradisional ini telah dilaksanakan pada tahun 2014, menantang seniman untuk mengulik makna yang lebih dalam setiap lirik dari lagu-lagu rakyat Indonesia dan menampilkannya dalam sebuah bentuk visual. Rencananya, pada tahun 2016 akan diadakan kembali pameran seperti ini yang bertema Lagu Nasional dan Perjuangan.

Berikutnya adalah Vidi AldianoxKreavi. Terdapat tiga kolaborasi yang dilakukan Vidi dan ditampilkan di Popcon Asia 2016. Pertama adalah untuk  menggarap cover album terbarunya, kedua adalah membuat  artbook yang terinspirasi konsep dari album terbarunya. Kedua kolaborasi itu dilakukannya bersama Kreavi. Sedangkan yang ketiga adalah membuat intellectual property baru bersama Kratoon.

Kolaborasi antara Vidi Aldiano dengan melibatkan 31 kreator  Indonesia. Album ketiga serta artbook Vidi yaitu Persona akan dirilis pada tanggal 13 Agustus di Popcon Day 2.  Artbook Persona memiliki 9 chapter  berbeda, berisikan perasaan Vidi yang digarap bedasarkan style masing masing artist. Seperti Love, Joy,Wonder, Peace, Anger, Courage, Sadness, Fear, dan Disgust. Talks ini diisi oleh Vidi Aldiano, Johanna  Kusnadi, Ravi M, dan Djayanti Aprilia.

Sekian beberapa ulasan acara Kreavi 17 yang diadakan di Popcon Asia 2016 Day 1.  Acara Kreavi 17 ini tidak terlalu ramai karena diharuskan mendaftar dahulu atau diundang  melalui email untuk masuk.

Acara diselenggarakan di Popcon Asia 2016 – Merak Room, Jakarta Convention Center Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Pusat. 12 Agustus 2016, pukul 13.00 – 17.00

Kreavi17 x POPCON ASIA 2016

Konvensi budaya pop tahunan terbesar di Asia kembali hadir di Jakarta

Convention Center pada 12, 13, dan 14 Agustus. Ada apa saja disana?

  1. Lautan Manusia

Manusia yang ada disini sangat beragam, mulai dari casual, freak, otaku,weebs, sampai gamer pun hadir. Antusias masyarakat sepertinya sangat besar sekali dalam acara Popcon 2016 ini.

 

  1. Maskot Maskot Unyu

Maskot maskot pun turut meramaikan acara POPCON 2K16 ini. Meskipun saya ga hafal maskot apa saja. Mereka hampir tersebar mulai entrance hingga exit point.

  1. Cosplayer

Yang namanya cosplayer pasti gak pernah ketinggalan sama acara acara besar beginian, terutama mereka berempat. Mereka adalah cosplayer official dari re:ON. Dari kiri ke kanan adalah Rinka, Reon, Reyna, dan Oren. Selain mereka, masih banyak lagi cosplayer – cosplayer yang memperagakan karakter lain, meskipun didominasi oleh Pikachu dan karakter dari Overwatch. Mungkin akhir- akhir ini lagi trend game Pokemon Go kali ya.

  1. Booth

Bukan banyak, tapi buanyak. Ada Reon, Kreavi, Lego, KAORI Nusantara, BE KRAF, Autodesk dan lainnya. Selain booth – booth yang sudah mempunyai brand, POPCON 2016 juga didominasi oleh booth kreator lokal yang menjual berbagai gift, seperti gantungan kunci, baju, figure – figure karakter hingga poster berbagai ukuran.

  1. Gamer Freak

Disini juga ada booth kreator lokal yang sedang promosiin gamenya secara langsung ke pengunjung. Mereka diberi kesempatan untuk mencoba merasakan game game yang dibuat. Selain itu, juga ada event yang diadakan oleh kreator – kreator game tersebut, seperti besar besaran skor hingga adu kuat antar player. Kreator kreator ini modal loh, sampai bela belain bawa desktop dan monitor ke acara POPCON 2016.

  1. Pameran Karya

Banyak banget pameran pameran karya dari content creator lokal, salah satunya adalah Penjahat Perang. Salah satu yang saya ingat adalah Hitler, Goebbels, Koller dan prajuritnya yang kepalanya diganti menjadi kepala anjing. Heil Hitler!

DAN MASIH BANYAK LAGI HAL HAL SERU YANG DAPAT KAMU TEMUKAN DI POPCON 2016

Kontributor: Emas Harahap_Angkatan 2014